Tulang Bawang

Pj Bupati Qudrotul Ikhwan Hadiri Pengukuhan Ketua RAPI Tulang Bawang 2024-2028

Matacakrawala.com | Tulang Bawang– Pj Bupati Drs. Qudrotul Ikhwan menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Wilayah 08 Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Tulang Bawang masa bakti tahun 2024 – 2028. Berlansung pada hari rabu (31/1) di Aula Islamic Center Menggala, Kabupaten setempat.

Turut hadir pada acara sejumlah Forkopimda plus, Pejabat Pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemerintah daerah, Ketua Rapi Provinsi Lampung Maryati SE, BASARNAS, SENKOM, Pemuda Pancasila, KNP, PMI serta tamu undangan.

Pj. Bupati Tulang Bawang dalam sambutannya setelah menyapa selamat datang kepada Ketua RAPI provinsi Lampung Maryati, serta segenap tamu yang hadir. Dilanjutkan Pj Bupati ternyata beliau cukup banyak terkait keberadaan RAPI di Nusantara.

Ia paparkan tentang adanya Radio Antar Penduduk atau yang kerap masyarakat kenal dengan sebutan RAPI di indonesia. Dijelaskannya Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP) merupakan komunikasi radio yang pada awalnya mempergunakan band frekuensi 26.968 – 27.405 MHz yang berasal dari negara Amerika Serikat terkenal dengan nama Citizen Band Radio (CB).

Di Amerika sejak tahun 1958
secara resmi radio CB telah dilegalisir penggunaannya sebagai peralatan komunikasi radio antar penduduk, sebagai organisasi pengelolanya merupakan Federal Communication Commission (FCC) yang menjalankan tugas mengendalikan dan pembinaan terhadap pengguna serta para penggemarnya.

Mulai era tahun 70-an penggunaan CB merambah dibumi Nusantara dan terus menjadi bertambah eksistensinya ditengah kemajuan tehnologi baik pada masyarakat dan pemerintahan.

“Dalam perjalanannya RAPI di tengah kemajuan Teknologi dapat terus menunjukkan eksistensinya dan memberikan banyak manfaat positif terutama disaat emergency dalam penanggulangan bencana dan lainnya, “Tandas Pj Bupati Qudrotul.

Lanjutnya, RAPI banyak memberi kontribusi bagi daerah dan Nasional terutama dalam kondisi – kondisi kurang baik seperti situasi bencana, keadaan darurat dan lain sebagainya. Oleh karenanya Qudrotul berharap dalam pelaksanaan proses demokrasi pemilu tahun ini
RAPI mampu turut mengawal hajat Negara agar tercipta situasi aman nyaman dan terkendali, disampaikan Pj Bupati dalam arahannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pj Bupati Tulang Bawang, memberikan apresiasi dan ucapan selamat Kepada Ketua RAPI terpilih Dicky Soerachman dan jajarannya priode 2024-2028, dan dapat menjalankan amanah dengan baik serta terus bersinergi dengan pemkab Tulangbawang dalam mewujudkan Kabupaten yang lebih maju dan sejahtera.

“Selamat kepada Ketua RAPI terpilih Saudara DickybSoerachman dan rekan – rekan semoga dapat menjalani amanah dengan baik dan sukses, dan dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Tulangbawang sebagai Kabupaten UDANG MANIS, “Ucapnya.

Pada kesempatan yang sama
Ketua RAPI terpilih Dicky Soerachman SE, juga menyampaikan dan berharap
RAPI Tulang Bawang harus tetap Solid, harus dapat bersinergi dengn berbagai pihak untuk memajukan Kabupaten Tulang Bawang dan menunjang Kemajuan Pembangunan Nasional. Meskipun demikian RAPI adalah organisasi sosial kemasyarakatan yg independen dalam hal pelaksanaan fungsi utama menyelengarakan komunikasi masyarakat.

“RAPI harus solid dan dapat bersinergi dengn berbagai pihak untuk memajukan Kabupaten Tulangbawang dan menunjang Kemajuan Pembangunan Nasional
dengan kode etik yang kita sandang, RAPI harus memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia, “pungkas Dicky sampaikan.

Masih kata Dicky, seterusnya RAPI akan selalu eksis di sepanjang zaman, sekarang tercatat sekitar 1800 anggota dengan culture yang berbeda beda menimbulkan rasa nasionalisme yang kuat sehingga membuat RAPI Tulang makin solid dan kuat, ucap Ketua RAPI Terpilih.

Ketua Rapi Daerah Provinsi Lampung Maryati, SE. Mengatakan bahwa menjadi anggota RAPI adalah pangilan jiwa, harus tetap mandiri junjung kode etik untuk melakukan hal yang terbaik bagi kemajuan bangsa. Dan beliau mengucap terimakasih pada pengurus sebelumnya agar dapat terus bersinergi dan berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa, kedepan RAPI Tulang Bawang dapat tumbuh makin besar.

“Selamat kepada ketua terpilih saudara Dicky Soerachman dan terima kasih kepada Pengurus RAPI yang telah habis masa jabatannya, Mari terus Bersinergi membangun RAPI jadi lebih besar dan memberi kontribusi nyata bagi kemajuan Pembangunan Nasional, Tutupnya. (Jau)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button