Seputar DesaTulang Bawang Barat

Tiyuh Toto Makmur Salurkan Bantuan Langsung Tunai Kepada 26 KPM, Pembangunan Fisik dan Ketahan Pangan

Matacakrawala.com | Tulang Bawang Barat– Penggunaan Dana-Desa (DD) tahun Anggaran 2023 Tiyuh-Desa Toto Makmur Kecamatan Batu Putih Kabupaten Tulang Bawang Barat provinsi Lampung di alokasikan terhadap fisik inprastruktur pembangunan dan program ketahanan pangan upaya Pemulihan Ekonomi masyarakat.

Madrim Kepalo Tiyuh Toto Makmur mengatakan, Bahwa Dana-Desa Tahap satu (1) telah direalisasikan terhadap program Bantuan langsung Tunai (BLT) untuk membantu masyarakat yang kurang, mampu,”ungkapnya pada sabtu (27/5/2023).

“Pembagian BLT DD tersebut dibagikan kepada 26 KPM setiap bulanya dengan nilai Rp,300.000 ribu rupiah terhitung sejak bulan januari pebruari maret, tiga bulan sudah diberikan kepada masyarakat penerima yang kurang mampu selama satu tahun,”jelasnya.

Kemudian Madrim mengemukakan sesuai perencanaan pencairan Dana-desa tahap berikutnya akan di alokasikan terhadap berbagai kegiatan sesuai usulan masyarakat dalam musrenbang tingkat tiyuh tahun 2022 sebelumnya.

“Selain BLT DD kita juga telah melaksanakan kegiatan fisik pembangunan berupa jalan lapen panjang 500 meter lokasi RT 07 Suku 3 dan kegiatan lainnya pemberian modal ke bumti untuk kegiatan esamdes K3,”tutur Madrim.

Menurut Madrin, pencairan DD berikutnya pada tahap dua (2) pihaknya dibidang ketahanan pangan akan membagikan bibit -bibitan sayur -sayuran kepada warganya yang memiliki lahan pekarangan yang kosong.

” Untuk program K3-1W kita akan membagikan bibit berupa terong cabai dan kangkung serta bibit ikan lele ke rumah -rumah warga untuk di tanam upaya membantu pemulihan ekononi masyarakat,”cetus Madrim.

Kemudian lanjutnya Tahap tiga (3) Dana-desa kembali akan dialokasikan untuk fisik pengerasan jalan usaha tani upaya memperlancar akses jalan transportasi masyarakat petani di saat memanen hasil pertanian.

” Pembangunan Jalan usaha tani dengan sabes sepanjang 3×300 meter di RT 05 Suku 2 yang mana jalan usaha tani dan akses ke tempat pemakaman umum (TPU) untuk mewujudkan usulan masyarakat,”Ungkapnya . (Deni)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button