Tulang Bawang Barat

Tubaba Raih Penghargaan APE dan KLA dari Kementerian PPPA

Matacakrawala.com | Tubaba – Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) berhasil meraih penghargaan di Tingkat Nasional.

Penghargaan tersebut yakni Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Madya tahun 2023.

Kepala Dinas PPPA Tubaba, Munyati, S.Pd., M.Pd, mengatakan APE merupakan penghargaan yang diberikan oleh  Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemda atas keberhasilan dan prakarsa dalam pencapaian pembangunan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di pusat dan daerah. 

“Tubaba berhasil meraih penghargaan APE dengan Kategori Madya. Semua ini tidak terlepas dari komitmen bersama dan koordinasi yang sinergis antara tim DRIVER (Bapperida, BPKAD, Inspektorat dan Dinas PPPA) bersama Forkopimda, OPD terkait, lembaga masyarakat, lembaga pemberdayaan perempuan, tokoh masyarakat, dunia usaha, dan media massa,” tuturnya.

Selain APE dan KLA, kata Munyati, S.Pd., M.Pd, Tubaba juga mendapat penghargaan dari pemerintah pusat sebagai juara 1 Piala Desa Ramah Perempuan dan Perlindungan Anak kategori Penanganan Stunting Tahun 2023.

“Semua ini tidak terlepas dari komitmen bersama dan koordinasi yang sinergis antara tim gugus tugas KLA bersama Forkopimda, lintas sektoral terkait, lembaga masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dunia usaha, media massa, serta forum anak Kabupaten Tubaba,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada,
mengaku bersyukur atas diperolehnya penghargaan tersebut.

Menurutnya, Pemkab Tubaba terus berupaya untuk mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. “Itu dapat dilihat dari Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang kerap disandang Kabupaten Tubaba,” ujarnya.

Program-program kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, lanjut M. Firsada, selalu masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tubaba.

“Saya ucapkan terimakasih kepada dinas terkait dan seluruh pihak yang sudah bekerja bersama dan kerja keras sehingga meraih prestasi, semoga kita kedepan meraih prestasi yang lebih baik dan terus semangat,” tutupnya.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button