Pemkab Lamteng Dalam Waktu Dekat Registrasi Pangan Sayur dan Buah

By Matacakrawala 26 Apr 2018, 16:11:41 WIBAdvetorial

Pemkab Lamteng Dalam Waktu Dekat Registrasi Pangan Sayur dan Buah

Keterangan Gambar :


GUNUNGSUGIH, MATACAKRAWALA.COM- Pemkab Lampung Tengah dalam waktu dekat akan melakukan registrasi terkait produk pangan sayur dan buah dalam proses pemasarannya. Ketentuan itu guna memastikan kesehatan dan kualitas barang yang diperjualbelikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lamteng, Jumali, Kamis (26/4) menjelaskan, registrasi kemasan produk sesuai dengan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 36 tahun 2013 tentang Sistem Keamanan Pangan Terpadu Provinsi Lampung. Untuk itu, guna penindaklanjutannya segera dilakukan di kabupaten itu.

“Dalam waktu dekat ini akan kita terapkan (registrasi produk). Saat ini sosialisasinya sedang kita jalankan ke berbagai pihak mulai dari toko modern hingga pedagang pasar. Bahwa keamanan dan kesehatan produk sangat penting dilakukan," terang Jumali.

Registrasi juga lanjut Jumali, guna meningkatkan kemampuan memproduksi pangan secara mandiri, menyediakan pangan yang beraneka ragam dan memenuhi persyaratan keamanan, mutu, dan gizi bagi konsumsi masyarakat.

“Untuk itu, penjual produk pangan segar yang ada di Lamteng akan kita undang untuk mengikuti sosialisasi tentang Peraturan Gubernur dan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 yang aman dilaksanakan dalam waktu dekat,” bebernya.

Pemerintah Provinsi Lampung, melalui data Dinas Ketahan Pangan Lamteng menyebutkan, mewajibkan produsen beras dalam kemasan meregistrasi produknya. Kewajiban itu merupakan upaya meningkatkan keamanan pangan segar untuk memberi rasa aman bagi konsumen baik dari sisi produk maupun harga.

Disebutkan juga, hingga 2017 Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung melalui Otoritas Kompeten Keamanan Panga Daerah (OKKPD), telah menerbitkan sertifikasi pangan Prima III untuk 14 komoditas pangan.

Adapun produk yang telah diterbitakan sertifikasi registrasinya yakni pisang untuk 20 pelaku usaha. Kemudian manggis (52 pelaku usaha), nanas (19), buah naga (17), salak (32), jeruk (64), pepaya kalifornia(3), kencur (30), cabai (5), sayuran (10), jambukristal (1), melon(7), dan pala (1).(sam)

Sejumlah pemilik perkebunan buah di Lampung Tengah menyambut baik registrasi produk yang akan dijalankan Pemkab Lamteng. Harapannya, produk buah dan sayur dapat bersaing dengan produk lainnya dan memiliki nilai jual di pasaran.

"Sangat baik ya, di Lamteng ini banyak produk buah dan sayur tapi kan kita terbatas karena penjualan dan kualitas yang kita jual kalah dengan daerah lain. Kita berharap, ya ada harapan terhadap produk kita untuk lebih mempunyai nilai jual di pasaran," kata Kusmadi, petani buah di Terbanggi Besar.

Tanggapan yang sama juga dikatakan Endang, pedagang sayur di Bandar Jaya. Ia mengatakan, produk akan lebih baik dan higienis serta jauh lebih sehat jika dilakukan registarasi terlebih dahulu.(sam)

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto menyatakan, dengan registrasi produk dihatapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di kabupaten itu.

"Karena sasaran kita juga kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi produk yang sehat. Tentu ada jaminan kesehatan jika produk yang akan dipasarkan sudah teregistrasi," ujar Loekman.

Ia berharap, petani buah dan sayur dapat bersama-sama meregistrasikan produk mereka, dan pemasaran dapat dilebarkan hingga keluar kota.(Sm/ed)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. #file_links["C:Frazes.txt",1,N]: #file_links["C:Links_Dating.txt",1,N] 19 Nov 2019, 13:19:05 WIB

    Just how to Make $6183 FAST, Fast Money, The Busy Budgeter: http://linky.tech/getmillionsdollars492007

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website Ini?
  Sangat Baik
  Baik
  Biasa Saja
  Buruk
  Sangat Buruk

Komentar Terakhir

  • ebetizo

    Treat zod.gicp.matacakrawala.com.jev.fk jejunum, ...

    View Article
  • SamNow

    <a href="https://tretinoin24.com/">tretinoin cream buy online ...

    View Article
  • BooNow

    <a href="http://motilium2019.com/">motilium domperidone</a> <a ...

    View Article
  • AshNow

    <a href="https://cialis500.com/">cialis 20 mg lowest price</a> <a ...

    View Article